Monday, June 21, 2010

TIDAK LUPA MASA LALU



  Ada sebuah dongeng tentang Akhan, kepala istana kepercayaan Baginda
  Raja, yang memiliki kebiasaan aneh. Setiap pagi sebelum memulai
  pekerjaannya, ia pergi ke sebuah ruangan yang terletak di belakang
  istana, dan beberapa saat lamanya berdiam diri di sana. Kebiasaannya
  itu lama-lama diketahui Baginda Raja. Diam-diam Baginda Raja
  memeriksa ruangan itu, dan didapati di sana beberapa benda asing:
  lemari kecil dan kursi tua di pojok ruangan, lalu topi dan sandal
  petani, serta cangkul di dekatnya.

  Baginda Raja pun memanggil Akhan dan bertanya tentang benda-benda
  itu. Akhan menjelaskan, "Saya adalah anak petani miskin ketika
  Baginda membawa dan membesarkan saya di istana. Saya menjadi seperti
  sekarang karena perkenan dan kebaikan Baginda. Setiap hari saya
  masuk ke ruangan itu dan melihat benda-benda tersebut, untuk
  mengingatkan diri sendiri, siapa saya dulu."

    Mari kita pun senantiasa mengingat kembali rahmat dan kebaikan Tuhan
  dalam hidup kita pada masa lalu; supaya kalau sekarang sukses, kita
  tidak menjadi sombong dan lupa diri. Sebaliknya kalau tengah
  dirundung kesusahan, kita tidak menjadi kecil hati atau putus asa,
  tetap bisa bersyukur dan bersukacita --AYA

           BAGAIMANA KITA MENGINGAT DAN MEMAKNAI MASA LALU
          AKAN SANGAT MENENTUKAN LANGKAH KITA PADA MASA KINI


No comments: